Tuesday, November 29, 2011

Lagi-Lagi Soal Cinte... : Dilema


Malam itu semuanya terasa hening dan terlihat nampak cerah-cerah saja, bahkan bintang nampak bergelayutan di langit malam saat ku berbaring di atas kasur ternyaman sedunia, pengklaiman sepihak dari ku. -Humairah- itu dia tempat yang ternyaman di sudut indekos kamarku; untuk saat-saat melepas lelah level sepuluh, mengerjakan tugas-tugas kuliah, berbincang dan menjamu kawan atau tamu yang berkunjung. Karena tak ada sofa seperti di ruangan tamu depan rumahku dikampung. Hanya humairah-lah yang empuknya seperti sofa diruangan 2,5 x 3 meter ini.  Selepas ba'da Isya, sepeti biasa aku berbaring sambil memegang mini pocket diary yang kumal dan sebatang pulpen hitam merk pilot yang tutupnya telah hilang sepekan yang lalu, ku coba gores-goreskan  semua imajinasi dan impianku untuk di catat sambil menengadahkan wajah ke langit malam.

“Nah beres.” lembar demi lembar telah penuh ku tuliskan untuk cerita di Ahad tadi. “Lumayanlah dapet segini.” komentar ku sambil membaca kembali tulisanku dalam hati. Tiba-tiba dikeheningan itu terdengar suara samar-samar dan timbul tenggelam, “Hihihi....... hihihi..... hihihi.....”. waduh... apa lagi nih, gumamku dengan bulu kuduk yang push up naik-turun. Rasa penasaran yang mendera dan rasa ingin tahu sudah meninju-niju didalam benakku. Inginku bangkitkan tubuh ini yang telah merebah dengan nyaman namun terasa sulit sekali untuk dilakukan, seperti tiba-tiba badan ini tertiban dua karung gabah kering atau lebih tepatnya tertiban –Eep- teman ku yang tambun itu, huft beratnya.

“Hop......” ku paksakan saja untuk menegakkan badan ini yang sebenarnya tak terlalu gemuk. Ku pancangkan telingaku untuk mencari sumber suara yang horor dan misterius itu. Setelah ku baik-baik mendengarkannya dan sudah dapat dipastikan sumbernya dari luar ruangan ini. “Cklek” ku intip dari balik gordeng jendela kamarku dengan rasa takut yang merongrong seruangan tempatku berdiri.

“Astagfirullah...” teriakku kaget setelah melihat sesosok hitam besar duduk di depan kursi teras  yang kondisinya remang-remang, maklum lampu lima watt-lah yang bercahaya kuning menggantung di luar sana. 

“Ade ape Fit?” tanya Eep terperanjat dari duduknya ikut kaget.

“Huft, ternyate ente Ep.” aku mencoba meyakinkan.

“Iye ini ane, kenape sih emang?” tanya Eep kebingungan.

“Aduh, dikirain ane, ente tuh jin tomang.” jawabku sekenanya panik.

“Ah, ente ade-ade aje. Masa segitunye sih?” tembal Eep tak terima.

“Abis ente ketawanye udeh kayak bangsa jin aje, hihihi......, gitu. Terus pake gelap-gelapan lagi di mari.” jelasku yang masih tersengau-sengau kaget bukan kepalang.

“Hehehe, abis ane lagi seneng banget nih.” tembal Eep sambil tersenyum melihat sms dari ponselnya.

“Seneng kenape Ep?” tanyaku yang berbalik heran.

“Ah, pokoknye ane lagi seneng banget dah.” jelas Eep sambil duduk kembali dikursinya.

“Bagi-bagi dong kalo seneng. Kagak kayak lagi susahnye aje, minte ane ngedengerin cerita ente.” desakku sambil duduk di kursi dekat kursinya.

 “Iye-iye, ane cerita deh.” lagi-lagi, Eep kalah pendirian setelah ku membujuknya.

“Bentar-bentar ini pasti soal cinte yeh?” tebak ku sok tahu.

“Hehehe, iye fit.” jelasnya.

Dan ia pun memulai ceritanya. “Jadi gini Fit. Kemaren tiga bulan nyang lalu; ane tuh kenalan sama bidadari.” begitulah Eep mendeskripsikan wanita kenalan barunya.

“Pokonye tuh cewe pas banget kalo ane jadiin calon pendamping. Soalnye apa yeh? Yah, pokoknye tipe ane banget dah.”

“Ente kenal dimane emang? Kok bisa ketemuan.” tanya ku penasaran.

“Sabar dong bro. Ane tuh kenal die dihalte deket Rumah Sakit Boromeus pas mau berangkat gawe. Nah pas kenalan; ane tanya dong, “kok saya baru ketemu kamu, ya. Kamu pasti baru pindahan, ya?” terus die jawab “iya” eh, die malah nanya balik “Loh, kok tau?” ya, ane jawab aje, “abis baru lihat sih.” Ya, udeh deh, kite saling tanya dah pokoknye; nama, kerja dimana, Asal dari mana, sampe akhirnye ane dapet nomer HP-nye dia.” Eep bercerita dengan sedikit mengambang di udara seperti sedang mabuk kasmaran level tiga.

“Wah, syukur deh klo begono. Ane ikut seneng jadi temen ente.”

“Mau tau kelanjutannye gak?” tanya dia dengan semangat.

“Boleh-boleh, gimana-gimana?” sambar ku.

“Wah gak enak klo nyeritanye disini, keluar nyok sambil makan baso atau apa kek. Gimane?”

Tanpa menjawab pertanyaannya. Eep pun sudah tahu isyarat dari ku yang mengangguk-angguk sebelum dia sempat menyelesaikan pertanyaannya. “Ok deh, ayu Fit. Tapi anter ane ke –Rangkas- sama –Gramed-, yeh?”

“Oke siap.” tembal ku sambil melihat jam dinding yang menunjukkan angka tujuh dijarum pendeknya dan angka lima dijarum panjangnya yang bertengger ditembok teras kontrakan yang bangunannya berbentuk L.

****

Lima menit kemudian kami bersiap-siap untuk berangkat, aku memanaskan motor bebek butut andalanku dengan menyelah-nyelah pedal kayuhan mesin sebelum di starter dan Eep mandi serta bergaya karena kebiasaannya seperti itu, kalau-kalau dia mau berpergian dan dapat dipastikan dia melakukan ritualnya yaitu mandi dan bersolek diri.

“Ok Fit, ane dah siap.” “Ok, ane juga udah siap. Cekit..........cekit........... brem... brem...” tembalku sambil menyalakan motor.

Kami jelajahi hirup pikuknya Bandung dimalam itu. Jalur-jalur trayek angkot yang penuh dengan negeosiasi kepentingan, putar-putar padahal bila di tarik garis lurus hanya memakan waktu lima menit alias sebentar.  Dan sesampainya di –Rangkas-. “Ep, emang mau nyari ape sih?” tanya ku iseng.

“Ini ane mau nyari sepeda buat jalan-jalan di car free day.”

“Ow...”  dan kami pun langsung menyambangi Rangkas sambil melihat-lihat barang yang terpajang di display.

“Wah, mau survei barangnya malah gak ade.” Keluh Eep. “Sob, kite ke Gramed aje dah.” Ajak Eep.

“Siap.” “Cklek, Cekit... cekit..... brem... bremmmm....” kami pun langsung bergegas ke toko buku Gramed depan BIP.

Entah dengan apa malam itu sepertinya Eep tak kunjung mendapatkan apa yang dia cari, baik di Rangkas maupun di Gramed. Eep-Eep, keberuntungan belum berpihak ke ente, gumamku dalam benak.

“Hufh, gak ada juga. Ya udah Sob, kite cabut nyari baso aja dah.” Ajak Eep.
Hahaha, memang malam ini berpihak pada ku, banggaku dalam hati. Begitu merekahnya senyumku saat kata-kata ajakan Eep merdu terdengar di telinga. Tanpa ku jawab ajakannya langsung ku tunggangi bebek besiku. “Cklek, cekit.... cekit..... brem..... bremmmmm....” kami melesat ke baso yang sudah tenar seantero monumen, -baso pak min monumen-. “Bremmm......brem...... cekit, ceklek.” Ku standarkan motor dan langsung bergegas memenuhi panggilan kepulan kuah baso yang menggairahkan nafsu makan yang tadinya lesu menjadi kuat mendidih ke ubun-ubun. “Bu pesen baso urat dua.”

“Oh iya silahkan mas duduk dulu.” sambut ibu istri Pak Min melayani ramah.

Dan setelah duduk, aku pun menagih  cerita yang masih menggantung dari Eep. “Ep gimane kelanjutannye?”

“Emang sampe mane yeh?” tanya Eep mencoba mengingat-ingat.

Belom sempat ku mengingatkan Eep langsung menyela, “Oh, iye baru sampe nomor HP yeh?”

Dan ia pun melanjutkan ceritanya, “iye Fit, ane kenalan tuh ampe dua bulanan sekarang dan ane rasa nih orang dah cocok ama ane. Kalo bahasa orang-orang mesjid kayak ente tuh di sebut Ta’aruf kali ya?”

Aku jawab dengan senyuman saja, karena sudah cukup untuk memenuhi pertanyaan isengnya. Dan ia melanjutkan lagi ceritanya, “iye gitulah Fit, ane coba bikin serius tuh hubungan ke jenjang berikutnya biar ga terlalu lama, soalnye yang udah-udah kalo kelamaan ujung-ujungnye bakalan beresan dah tuh hubungan. Ya, keburu bosen kali ya?”

“Nah, tiga pekan kemaren ane udah coba buat utarain niatan baik ane ke dia. Eh, dia malah diem aje. Lah, kite kan jadi bingung nih. Klo boleh-boleh minjem syairnya Band Armada, “mau dibawa kemane hubungan kite”.” Yah, itu syair make di translet  ke bahas betawi lagi. gumamku

“Sampe hari ini ane belum dapet jawabannye juga nih. Tau dah ampe kapan, nyang jelas ane dah pengen bener-bener ngelanjutin.” Curhat Eep.

“Sabar aja Ep, klo jodoh gak bakalan ke mane.” saranku bijak.

“Iya ane coba sabar deh.” “Fit, tapi jangan bilang-bilang ke siapa-siapa yeh?”

“Tenang Ep, ente kaye gak kenal ane aje.”

“Ok deh. Tapi Fit, ane nyerita soal ini gak ke ente doang sih. Ada temen cewe udah ane anggap sodara perempuan. Dia tau soal ini semua. Cuman semenjak ane nyerita soal pelamaran ane ke gebetan ane ntu dia agak berubah sikapnye ke ane.”

“Berubah gimane Ep?”

“Ya, berubah gak seperti biasanya.”

“Wah, bisa jadi die cemburu kali Ep.”

“Bisa jadi sih.”

Eep-Eep, lima bulan yang lalu cinta ente bertepuk sebelah tangan alias di tinggal nikah. Eh, sekarang ente jadi rebutan. Ckckckckck, play boy juga ente. Komentar ku dalam hati.

“Waduh, ane delima dah. Bener-bener delima.” tegas Eep mendeskripsikan galaunya saat ini.

“Ah, ente ade-ade aje. Suasana dah serius nih, make becanda lagi. Dilema kali.” jelasku sambil garuk-garuk kepala agak heran.

“Hehehehe, iye maksudnya ntu.” setujunya sambil tak berani mengucap ulang dilema yang membuat lidahnya terkilir.

“ok deh, kite cabut ke kostan nyok?” ajakku yang sudah mulai mengantuk kekenyangan.

“Ok, ane bayar dulu nih yeh.” jawab Eep. Dan aku tersenyum sambil menuju motor. Sekali lagi senyumku menampakkan bahasa yang istimewa, sampai-sampai Eep paham kode itu. “Iye Fit sama-sama.”

“Cklek, Cekit..... cekit..... Brem.... bremmm....” aku pun melesat menuju kostan dengan lenggangnya.

Sesampai di kostan; “Astagfirullah, Si Eep ketinggalan di tukang baso. Aduh maaf Ep.” Dan aku bergegas kembali menjemput Eep yang tertinggal. “Cklek..... cekit.........cekit.............cekit..............brem....... bremmmm............”[]

Cerita sebelumnya Lagi-Lagi Soal Cinte...klik disini

lanjutan ke Lagi-Lagi Soal Cinte...: Politik Emang Butuh Cinte...!!! klik disini
Categories:

3 comments:

  1. Luar biasa ni,, kisah yang menggelora,,,, ;)) dan romantis,,,,

    ReplyDelete
  2. lucu...lucu banget.....mudah2n cinta Eep kali ini tidak se tragis, 5 bulan yang lalu,

    ReplyDelete
  3. Tenang saja sob tidak melulu tragis kisahnya... :)

    ReplyDelete

Komentar dan Opini Anda sangat membangun dalam pengembangan blog ini. Terimakasih atas partisipasinya.